Dalam sejarah liga Spanyol, sepak bola diperkenalkan abad 19 oleh pekerja imigran Inggris, pelaut, hingga siswa Spanyol datang dari Inggris. Penyebaran sepak bola terjadi di pesisir pantai Spanyol, yang pada awalnya para pekerja imigran memperkenalkan olahraga ini di negri Spanyol.

Klub Dan Pertandingan Resmi Pertama Dalam Sejarah Liga Spanyol

Klub yang pertama di Spanyol adalah Receativo Huelva, yang dibentuk di akhir era 1889 oleh Dr Mackey dengan Pekerja Inggris. Dimana klub Receativo Huelva berbasis wilayah selatan Spanyol di dekat perbatasan Portugal, klub ini terbentuk di perusahaan material pertambangan Rio Tinto.

Walaupun di era 1886 telah ada Gimnastic de Tarragona, namun klub ini belum terbentuk tim sepak bola hingga era 1914. Serta era 1890 ada Sevilla FC, tetapi klub ini juga sama belum menjadi tim sepak bola hingga pada era 1915.

Sevilla FC dibangun terdiri pemainnya para pekerja imigran inggris dari perusahaan Seville Water Works, yang berbasis di kota Seville Spanyol. Huelva dan Sevilla bernama awal Colonia Inglesa yang semua pemainnya pekerja imigran dan pemain setempat, melibatkan hampir 20 imigran inggris.

Di era 1890, merupakan pertandingan resmi pertama kalai dalam sejarah Liga Spanyol antara Reactivo Huelva Versus Sevilla di Tablada Hippodrome. Pada hasil akhir dari pertandingan tersebut Sevilla FC menang 2 – 0 melawan Reactivo Huelva, pertandingan ini diadakan kota Seville Spanyol.

Era 1898 Hingga 1900 Catatan Lain Sejarah Sepak Bola Spanyol

Awal era 1890, di daerah Basque para pekerja imigran dari galangan kapal inggris serta penambang Durham membentuk tim Bilbao Club. Di era 1898, para mahasiswa dari Basque kembali dari inggris mendirikan Atletic Club dan mereka bergabung 1903 menjadi Atletico Bilbao.

Daerah Catalonia, memiliki industri yang paling maju di Spanyol yang didirikan dari koloni Inggris dimana mereka melakukan pertandingan sepak bola. Pertandingan perdana koloni Inggris dan Katalan pernah belajar di Inggris, dari pertandingan hingga hasil akhir diarsipkan era 1892 di Barcelona.

See also  Sejarah Atletico Madrid

Klub sepak bola resmi pertama kali dalam sejarah liga Spanyol, era 1898 di Costa Brava Catalonia Utara Klub Palamos FC. Era 1899, Swiss Hans Gamper mendirikan FC Barcelona dan pada era 1900 beberapa klub berdiri secara bersamaan sebagai berikut:

  • Sant Andreu
  • Hispania FC
  • Sociedad Espanola de Football mengubah menjadi Real Deportivo Espanol

Era 1900, Sejarah Federasi Sepak Bola Dan Liga Pertama Dibentuk

Federasi Sepak Bola Katalan atau Federation Catalan de Football (FCF), Federasi yang pertama bertanggung jawab mengelola sepak bola di Katalan. Yang mendirikan assosiasi sepak bola pertama, dan menyelenggarakan kompetisi sepak bola pertama dalam sejarah liga Spanyol dengan nama Kejuaraan Katalan.

Era November 1900 Assosiasi Sepak Bola Katalan didirikan, membentuk pertandingan sepak bola Kejuaraan Katalan yang dinaungi Federasi Catalan de Football. Kompetisi Kejuaraan Katalan (Campionat de Catalona), merupakan awal pertama kali sepak bola yang hanya diikuti 4 klub yang berpartisipasi didalamnya.

Pertandingan pertamanya disponsori Instuticion Libre de Ensenaza (ILE), yang diartikan dalam bahasa Indonesia Lembaga Pendidikan Gratis Pusat Pendidikan Dan Budaya. Pertandingan pertama Kejuaraan Katalan tersebut diselenggarakan di kota Madrid, sebelumnya pada era 1897 muncul klub pertama di kota Madrid Spanyol.

Era 1897 Hingga 1902, Klub Pertama Di Madrid

Football Club Sky, klub pertama kali era 1897 di kota Madrid namun era 1890 klub terpisah menjadi 2 klub baru. Era 1902 beberapa klub bermunculan di Madrid, terutama Madrid Football Club era 1902 oleh 2 bersaudara Juan dan Carlos Padros.

Pada era yang sama, setelah Madrid Football Club berdiri oleh 2 bersaudara dengan seragam awal serba putih untuk pertandingan kandang. Raja Alfonso XIII menganugrahkan kata Real (Kerajaan) dengan lambang mahkota kerajaan, sehingga berganti nama menjadi Real Madrid Club de Futbal.

See also  Sejarah Recreativo de Huelva

Kompetisi sepak bola pertama sejarah liga Spanyol yang sudah berjalan, ingin mengembangkan dengan meningkatkan dukungan ke klub-klub lokal secara bersama-sama. Dengan jaringan transportasi yang terus berkembang dan meluas hampir seluruh negeri Spanyol, yang bisa membuat pertandingan tersebut mungkin bisa terjadi.

Era 1902 Copa Del Rey Tercipta

Era 1902 Carlos Padros yang menjadi Presiden Real Madrid, menyarankan kompetisi sepak bola nasional pertama dalam sejarah liga Spanyol terbentuk. Kompetisi sepak bola nasional dengan sistem gugur ini, untuk menyambut serta dalam merayakan penobatan Raja Spanyol yakni Raja Alfonso XIII.

Dalam edisi perdana hanya 4 klub berpartisipasi, yakni RCD Espanol, Club Vizcaya, Barcelona dan terakhir Real Madrid Club de Futbal. Dalam sejarah liga Spanyol, untuk memenangkan Copa Del Rey edisi pertama CF Barcelona melakukan aksi ganda dengan nama Club Vizcaya.

Copa Del Rey Berganti nama

Copa Del Rey kompetisi sepak bola diikuti klub nasional. Kompetisi ini berkembang hingga era 1905 menjadi Copa Del Rey Nasional. Dalam sejarah Liga Spanyol yang pertama bernama Copa Del Rey terus berubah dari 1905 hingga 1932, perubahan nama tersebut adalah:

  • Dari nama Copa Ayuntamiento ke Piala Copa Del Rey, dan awalnya disebut Copa Del Ayuntamiento de Madrid (Piala Dewan Madrid).
  • Piala Yang Mulia Raja Alfonso XIII (Copa de Su Masjetad El Rey Alfonso XIII).
  • Era Republik Spanyol menjadi Piala Presiden Republik.
  • Dikenal Piala Umum pada era rezim diktaktor Franco.

Hingga era 2007 Kongres parlemen mendesak Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol, untuk mengembalikan ke nama awal menjadi Copa Del Rey. Kala itu pemenang Copa Del Rey era 2007, adalah Klub Levante yang didirikan era 1909 dan club berbasis di Valencia.

Era 1909 Hingga 1913 Catatan Lain Sejarah Sepak Bola Spanyol

Keinginan Raja Alfonso XIII sebelumnya, meminta dukungan dan perlindungan ke beberapa klub di Spanyol dengan menganugrahkan nama Real dan lambang Mahkota. Seperti Real Zaragoza, Real Valladolid, Real Madrid dan terakhir Real Sociedad yang bergabung menjadi tim nasional dengan nama La Roja.

See also  Sejarah La Liga

Sejak hal itu membuat adanya perbedaan antara klub-klub yang mengikuti di assosiasi pertama, dengan klub-klub membentuk assosiasi sepak bola lain. Kala itu era 1909 klub-klub nasional dari assosiasi lain mendirikan federasi sepak bola lain dalam sejarah sepak bola liga Spanyol.

Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol Didirikan

Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol dibentuk 1909, menaungi Persatuan Klub Nasional Kerajaan Spanyol dan berganti Liga Nasional Sepak Bola Profesional. Assosiasi saat ini di kenal dengan nama Liga Sepak Bola Profesional (LFP), yang dibentuk era 1929 dan sponsor pertamanya Satander.

Federasi Sepak Bola Katalan dengan Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol, telah sepakat berdampingan menjalani liga masing-masing dalam sejarah liga Spanyol. Pada era 1913 Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) diakui oleh FIFA, pada era yang sama RFEF secara resmi didirikan.

Catatan Sejarah lainnya Di Sepak Bola Spanyol

Federasi Sepak Bola Katalan (FCF) menaungi sepak bola klub-klub katalan, berbasis daerah otonom Catalunya pada era 1915 tidak diakui FIFA . Disebabkan wilayah tersebut, bukan bagian sebuah Negara berdaulat sehingga FCF dan klub naungannya tidak bisa menjadi anggota UEFA dan FIFA.

Dalam sejarah liga Spanyol 1939 hingga 1950, pasca Perang Saudara Spanyol kala itu kompetisi internasional Spanyol dibekukan FIFA hingga 1950. Serta Kejuaraan Katalan dilarang, sehingga logo lambang kejuaraan tersebut diambil oleh Barcelona menjadi bagian logo lambang pada klub hingga sekarang.

Sejak awal berdiri era 1900, Federasi Sepak Bola Katalan menaungi Copa Cataluna, Divisi Tercera, Divisi 5 group dan katalan primer. FCF mendirikan Timnas Katalan di era 1904, walaupun tidak diakui FIFA timnas berserta clubnya terus melakukan pertandingan hingga saat ini.