Salah satu liga besar yang paling banyak penggemarnya di dunia mungkin adalah la liga atau liga Spanyol. La liga ini berhasil menarik perhatian para pecinta sepakbola karena terkenal dengan dominasi dua tim teratasnya yakni Real Madrid, dan Barcelona. Selain itu juga ada beberapa hal dalam sejarah La Liga yang menarik untuk disimak, beberapa diantaranya.

Sejarah Awal La Liga

Pertama tentu sejarah awal adanya la liga ini harus masuk ke dalam pembahasan awal. Kemunculan liga ini pada awalnya disarankan oleh seseorang bernama Jose Maria Acha yang merupakan direktur Arenas Club de Getxco. Beliau saat itu ingin membuat sebuah pertandingan liga bola di negaranya sendiri, yakni Spanyol.

Meskipun begitu saat gagasan tersebut diutarakan banyak orang yang keberatan dengan hal tersebut. Banyak penyebab yang menyebabkan gagasan tersebut ditentang diantaranya kondisi politik di Spanyol yang saat itu belum stabil. Tapi karena satu dan lain hal akhirnya liga ini disetujui pada tahun 1927 dan baru mulai diselenggarakan pada tahun 1929.

Klub-Klub yang Pertama Kali Mengikuti

Pada masa pertama kali liga ini diselenggarakan ada sekitar 10 klub yang bergabung untuk mengikuti liga ini. Enam diantaranya menjadi klub-klub yang tetap bertahan sampai sekarang ini. Keenam klub-klub tersebut diantaranya Real Madrid, Barcelona, Real Sociedad, Arenas Club de Getxco, Athletic Bilbao serta Real Union.

Sepanjang perjalanan sejarahnya klub-klub tersebut pun mulai bertambah jumlahnya yang ikut berpartisipasi. Tercatat sampai tahun 2019 ini ada 20 tim besar yang berhasil masuk liga A, La Liga ini. Jumlah 20 puluh ini merupakan jumlah tetap sejak tahun 1997, hanya saja klub-klubnya yang selalu berganti-ganti karena terkena zona degradasi.

La Liga Sempat Dihentikan

Saat masa awal disarankan banyak terjadi pro dan kontra. Salah satu alasannya adalah saat itu kondisi politik dan negara belum stabil dan banyak terjadi perang di mana-mana. Hal yang dikhawatirkan pun terjadi saat La Liga terpaksa dihentikan karena sedang terjadi perang. Perang Spanyol yang terjadi pada tahun 1936 – 1939 sempat membuat liga ini terhenti pelaksanaannya.

See also  Ternyata Beginilah Sistem Transfer Di La Liga

Akhirnya liga baru kembali bisa dilaksanakan pada tahun 1940 itupun tidak terlalu mulus karena tetap ada beberapa gangguan akibat perang. Apalagi pada tahun 1942 perang dunia II meletus sehingga mempengaruhi seluruh negara saat itu, tidak terkecuali Spanyol. Karenanya sampai tahun 1950 liga ini baru bisa diadakan dengan stabil.

Klub Pertama yang Menjadi Juara

Saat kesepuluh klub tersebut mengikuti gelaran turnamen ini pada pertama kali, klub pertama yang berhasil mencatatkan sejarahnya sebagai pemenang musim pertama adalah Barcelona. Hal ini pun membuat dominasi El Barca ini sangat kuat di La Liga, bahkan terasa sampai sekarang.

Sejarah yang dicatat oleh Barcelona tidak hanya sebatas itu saja, tapi Barcelona juga menjadi salah satu tim yang tidak pernah terdegradasi dari awal keikutsertaannya. Itu berarti selama 90 tahun keikut sertaannya Barcelona berhasil mempertahankan dominasinya sebagai salah satu klub tersukses di La Liga.

Klub Tersukses Dalam Sejarah La Liga

Terhitung ada dua dominasi klub kuat di La Liga sepanjang sejarah liga ini dilaksanakan. Kedua klub tersebut adalah Real Madrid dan Barcelona yang paling banyak menjuarai liga ini. Diamana Real Madrid masih menjadi klub tersukses dengan 33 kali kemenangan, serta tidak pernah sama sekali menyentuh zona degradasi dan pernah mengukir sejarah dengan menjadi juara selama 20 tahun berturut-turut.

Di posisi selanjutnya adalah pesaing terbesar Real Madrid, yakni Barcelona. Keduanya menjadi musuh abadi setelah berhasil menghancurkan dominasi Madrid selama 20 tahun penuh menjadi juara. Selain itu Barcelona juga merupakan klub pertama yang menjadi juara, serta satu dari tiga klub yang tidak pernah menyentuh zona degradasi.

See also  Sejarah La Liga

Persaingan Sengit Antar Klub

Meskipun sekarang Liga Spanyol lebih dikenal dengan dua dominasi klub terbesarnya yaitu Barcelona dan Real Madrid tapi siapa sangka jika dahulu laga ini berjalan sangat sengit. Bahkan ada beberapa tim yang berhasil menghancurkan dominasi antar tim yang berpartisipasi. Salah satunya yaitu Atletico yang berhasil menjadi juara di awal-awal keikutsertaannya.

Selanjutnya ada Valencia yang pernah menghancurkan dominasi keduanya pada tahun 2000an tepatnya pada tahun 2004 di mana Valencia berhasil menjadi juara. Lalu pada tahun 2000 Deportivo de La Corua berhasil membuat kejutan dengan menjadi juara baru pada tahun ini. Belum lagi saat itu klub tersebut kurang diperhitungkan.

Pemain Tersukses Dalam Sejarah La Liga

Melihat sengitnya pertandingan di sepanjang sejarah jalannya La Liga, tentu membuat banyak orang penasaran siapa pemain tersukses dalam sejarah liga Spanyol. Untuk rentang tahun 2000 sampai sekarang Lionel Messi dari Barcelona sepertinya layak untuk dinobatkan sebagai pemain tersukses. Karena selain sebagai pencetak gol terbanyak, Messi juga sukses dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia sebanyak 6 kali.

Selanjutnya menempel ketat di belakang Messi yakni seteru abadinya Christiano Ronaldo dari Real Madrid. Tapi, kini mega bintang asal Portugal tersebut tidak lagi merumput di La Liga karena semenjak tahun 2018 lalu, dirinya sudah resmi pindah ke liga serie a Italia. Meskipun begitu dominasi Ronaldo saat membawa klubnya membawa 13 trofi gabungan tidak bisa dilupakan begitu saja.

See also  Sejarah Real Sociedad

Pemain Termahal Dalam Sejarah

Selanjutnya adalah pemain termahal dalam sejarah. Ada dua nama yang berhasil mencetak rekor baru pemain termahal dalam sejarah Liga Spanyol. Di mana Neymar Jr bintang asal Brazil berhasil menduduki posisi satu saat Barcelona membayarnya dengan harga 88,2 juta euro saat ingin membawanya ke Campnou dari klub lamanya di Brazil Santos.

Nomor dua, kembali rekor lain dari si mega bintang Portugal, siapa lagi kalau bukan Christiano Ronaldo yang saat itu permainan bagusnya berhasil membuat Real Madrid mau merogoh kocek yang dalam. Nominal transfernya pada saat itu 94 juta Euro ketika ingin dibawa dari klub lamanya Manchester United.

Skandal Dalam Sejarah Penyelenggaraan La Liga

Selanjutnya adalah skandal yang pernah tercatat dalam sejarah penyelenggaraan La Liga. Meskipun merupakan liga elite dunia, tapi bukan berarti liga ini tidak pernah diterpa skandal. Salah satu skandal terbesarnya yaitu saat La Liga ikut campur dalam masalah politik saat hendak mengeluarkan Barcelona sebagai pesertanya, karena pada saat itu Barcelona ingin keluar dari Spanyol.

Hal ini tentu melanggar kode etik penyelenggaraan olahraga, di mana olahraga seharusnya dijalankan dengan tanpa intervensi apapun dari luar. Selain itu juga baru-baru ini La Liga kembali diterpa skandal pengaturan skor yang cukup menghebohkan. Hal ini diungkapkan langsung oleh mantan pemain salah satu klub yang berpartisipasi. Tentu sangat mencoreng penyelenggaraannya.

Selesai sudah pembahasan terkait serba-serbi sejarah La Liga yang ternyata sangat berwarna itu. Dimulai dari awal kemunculannya saat negara Spanyol tengah tidak stabil sampai skandal yang ternyata sempat mencoreng sejarah dari liga elite ini. Kira-kira seiring berjalannya waktu akan ada hal apalagi yah yang bertambah dalam sejarah? Tunggu saja.