Sejarah liga Spanyol pada era  1901 masih terbentuk Kejuaraan Federasi Sepak Bola Catalan, atau disebut Kejuaraan Catalan. Federasi Sepak Bola Catalan terbentuk era 1900, dengan club awal yakni Catala SC, Barcelona, Hispania AC dan Sociedad de Football.

Sejarah Liga Spanyol, Awal Mula Pertandingan Pertama

Sejarah liga Spanyol dimulai era 1927, direktur Arenas Club de Getxo Jose Maria Acha mengusulkan gagasan liga nasional di Spanyol. Namun banyak pihak yang memperdebatkan mengenai, tentang sistem pada liga nasional tersebut dan siapa yang akan ikut berpartisipasi di dalamnya.

Setelah perdebatan panjang, era 1929 Divisi Utama terbentuk dengan 10 klub sebagai pendiri utama yang disetujui Federasi Sepak Bola Spanyol. Klub pendiri adalah Atletico Bilbao, Real Madrid, Arenas Club de Getxo, Real Union, Atletico Madrid, Espanyol, Europa, Racing de Satander.

Pasca berdirinya Liga Nasional Divisi Utama Spanyol atau disebut La Liga, berdampingan dengan liga kompetisi pertama kali dikenal Kejuaraan Katalan. Dua kompetisi serta dua federasi, melakukan kompetisi pertandingan sepak sepak bola liga nasional secara bersamaan dalam satu negara yakni Spanyol.

Musim Pertama La Liga Bergulir

Era 1929 dimulai musim pertama di bulan Febuari hingga berakhir bulan Juni 1930, dengan 10 klub berpartisipasi dalam satu divisi. Dalam beberapa periode jumlah klub terus bertambah, era 1987 mencapai 20 klub terkecuali era 1995 hingga 1997 dengan 22 klub.

Dalam rangkaian sejarah liga sepak bola Spanyol selain bertambahnya klub yang bergabung, liga nasional sempat terhenti disebabkan Perang Saudara Spanyol. Rangkaian peristiwa sepak bola liga Spanyol adalah sebagai berikut:

  • 1929 Liga Nasional didirikan serta musim pertama bergulir
  • 1934 dua klub bergabung di Liga Nasional menjadi 12 klub
  • Musim 1936 hingga 1937 dihentikan terjadinya perang saudara
  • 1939 Liga Nasional dipulihkan pasca perang
  • 1941 bertambah 2 klub menjadi 14 klub
  • 1950 dikembangkan menjadi 16 klub ikut dalam Liga
  • 1971 menjadi 18 klub pasca 2 klub ikut ke Liga Nasional
  • 1987 Liga mencapai 20 klub berpartisipasi
  • 1995 hingga 1997 musim singkat dengan 22 klub bergabung
  • Pada awal musim 1995 hingga 1996 poin kemenangan menjadi 3 poin
  • 1997 Liga Nasional ditetapkan 20 klub hingga sampai saat ini era Milenium
See also  Sejarah La Liga

Rangkaian diatas yang paling pengaruh dalam perkembangan liga nasional sepak bola di Spanyol, hingga sampai era sekarang masih terus berjalan. Hingga menjadi catatan tersendiri bagi Barcelona, Real Madrid serta Atletico, yang merupakan anggota dari 10 klub pendiri La Liga.

Sejarah Klub Yang Berpartisipasi Dari Awal Musim 1929 Hinga Era Milenium

Sejak era musim 1929 hingga saat ini, Barcelona, Real Madrid dan Atletico Bilbao yang klub terlama dalam sejarah liga Spanyol. Ketiga klub tersebut, ketiganya adalah 10 klub pendiri pertama Liga Nasional Divisi Utama Spanyol dinaungi Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol.

Pada era 1997 Liga Utama atau La Liga ditetapkan dengan 20 klub yang berpartisipasi, diantaranya 3 dari 10 klub pendiri. 20 klub yang saat ini yang mengikuti La Liga sebagai berikut:

  1. Atletico Bilbao
  2. FC Barcelona
  3. Sevilla FC
  4. Real Sociedad de Futbal
  5. Real Madrid CF
  6. Atletico Madrid
  7. Getafe CF
  8. Granada CF
  9. CA Osasuna
  10. Levante UD
  11. Valencia CF
  12. Villareal CF
  13. Real Valladolid
  14. Defirtivo Alaves
  15. Real Betis Balompie
  16. RCD Malorca
  17. RCD Espanyol
  18. Celta Vigo
  19. SD Eibar
  20. CD Leganes

Dari 20 klub diatas,hanya Barcelona dan Real Madrid mencatatkan rivalitas paling panjang dalam sejarah sepak bola Spanyol hingga saat ini. Dalam hal meraih gelar terbanyak dalam semua kompetisi yang diikuti kedua klub tersebut, hingga perekrutan pemain serta pencetak gol terbanyak.

Selain itu Liga Nasional Divisi Utama Spanyol memakai sistem liga, dimana divisi utama dan kedua dibentuk pada era yang sama. Divisi Utama atau yang dikenal La Liga, sebagai divisi tertinggi dan kedua sebagai level dibawahnya yang dikenal Liga Segunda Division.

See also  Sejarah Real Sociedad

Sistem Liga Nasional Atau La Liga

Divisi Utama dan kedua didirikan secara bersamaan pada era 1929, era 1977 Segunda Divisi B dibentuk sebagai liga divisi ketiga. Sebelumnya divisi ketiga divisi tercera namun semenjak digeser divisi tercera menjadi divisi keempat, sedangkan dibawahnya dimainkan dengan liga divisi regional.

Divisi utama yang terdiri dari 20 klub, mempunyai beberapa persyaratan bila tetap berada di level paling tinggi diantara divisi lain. Setiap klub yang berada 3 terbawah, dari peringkat ke 18 hingga 20 papan klasemen akan terdegradasi ke liga divisi kedua.

Begitu juga sebaliknya berlaku di liga divisi kedua, dimana klub 3 teratas klasemen liga divisi kedua masuk ke La Liga. Sistem 3 terbaik dan 3 terburuk berlaku juga pada divisi kedua B, liga tercera dan regional, hingga sampai saat ini.

Sepanjang sejarah La Liga hanya 3 klub dari 1929 hingga era milemium, yang tidak pernah terdegradasi ke Liga Segunda Division. Dari era 1929 hingga kini telah banyak klub yang tersingkir tergantikan dengan 3 tim teratas Segunda Division ke La Liga.

Sedangkan untuk 4 klub di papan klasemen teratas masuk ke Liga Champions, sedangkan peringkat ke 5 dan 6 ke Liga Eropa. Sedangkan satu tempat lagi, yang menjadi juara Copa Del Rey masuk ke Liga Eropa atau sebelumnya bernama Piala Winners.

Pertandingan Liga Nasional digulirkan sejak era 1929 hingga kini, banyak mencatatkan pertandingan antar klub sepak bola di negara Spanyol. Dimana tercatat pemain yang mencetak gol dalam sebuah pertandingan, era 1936 hingga 1939 catatan tersebut hilang bersamaan terjadinya Perang Saudara.

Pencetak Gol Terbanyak Pertama Kali Dalam Sejarah Liga Spanyol

Era 1939 hingga 1950, Edmundo Suarez pemain Valencia telah mencatat 195 gol dari 231 kali tampil di kompetisi La Liga. Edmundo Suarez mencatat namanya dalam sejarah sebagai pencetak gol terbanyak pertama kali, ia mencetak gol dari 2 klub yang berbeda.

See also  Sejarah Recreativo de Huelva

Namun Edmundo mempunyai rival hal gol skorer di La Liga pada era yang sama, yakni Cesar Rodriguez dari 4 klub berbeda. Cesar mencetak gol dari era 1939 hingga 1955, dengan catatan sebanyak 223 gol dari 353 penampilannya di Liga Nasional Spanyol.

Namun dari catatan nama pencetak gol terbanyak tersebut sudah dilewati atau dilampaui, sepanjang sejarah Liga Nasional Sepak Bola Spanyol berlangsung. Pada era 2014 hingga sekarang, pemain Barcelona Fc Lionel Messi yang terus mencetak gol di setiap pertandingan sepak bola liga Spanyol.

Hingga kini Lionel Messi mencatat 420 gol dari 455 penampilannya bersama Barcelona, dan Messi masuk ke Guiness World Of Record. Liga Divisi Utama atau La Liga memberikan hal tersebut, disebabkan atas dedikasi serta kristalisasi keringat yang setia pada 1 klub.

Sedangkan pencetak gol terbanyak kedua Cristiano Ronaldo mantan pemain Real Madrid, mencetak 311 gol dari 292 penampilannya di La Liga. Namun dalam mencatat 3 gol atau hattrick, Messi baru 24 kali masih kalah dengan Cristiano Ronaldo dengan 34 kali hattrick.

Sejak era 1929 berdirinya Liga Nasional yang dinaungi Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF), terdapat catatan lain pada era sebelumnya. Yang mempengaruhi adanya sepak bola di negara Spanyol, hingga sampai terbentuknya Liga Nasional serta pertandingan resmi awal musim pertandingan digulirkan.

Catatan Lain Dalam Sejarah Sepak Bola Spanyol

Dalam catatan lain sepak bola sejarah liga Spanyol, dimana adanya klub tertua serta pertandingan pertama sebelum liga nasional berdiri. Selain itu catatan lain dimana ada dua federasi sepak bola, menaungi kompetisi lain yang ada di sepak bola liga Spanyol.