Sevilla Futbol Club atau sering disebut Sevilla adalah klub sepak bola profesional Spanyol yang berbasis di Seville, ibu kota dan kota terbesar dari komunitas otonom Andalusia, Spanyol. Itu bermain di papan atas sepak bola Spanyol, La Liga. Sevilla adalah salah satu klub paling sukses di level Eropa, memenangkan Liga Eropa UEFA enam kali, lebih banyak dari klub Eropa lainnya. Ini adalah klub olahraga tertua di Spanyol yang hanya dikhususkan untuk sepak bola. Sevilla dibentuk pada 25 Januari 1890, dengan orang Skotlandia Edward Farquharson Johnston sebagai presiden pertama mereka. Pada tanggal 14 Oktober 1905, anggaran dasar klub terdaftar di Pemerintah Sipil Seville di bawah kepresidenan Jose Luis Gallegos Arnosa kelahiran Jerez. Permainan sepak bola diperkenalkan di Sevilla pada akhir abad ke-19 oleh populasi ekspatriat Inggris yang besar di kota tersebut.

Sevilla dibentuk pada tanggal 25 Januari 1890 ketika sekelompok pemuda Inggris, terutama Skotlandia, bersama dengan pemuda lain asal Spanyol, merayakan Burns Night di Seville. Dengan dokumen pendirian klub, yang diterbitkan pada edisi Dundee Couriers tanggal 17 Maret 1890 menjelaskan secara lengkap pembentukan klub dan bagaimana para anggota pendiri muda itu memutuskan pertama untuk bermain di bawah Aturan Asosiasi, kedua untuk menyandang kata sepak bola di dalam namanya dan ketiga, untuk memilih pejabat mereka. Sekitar enam minggu yang lalu beberapa pemuda antusias asal Inggris bertemu di salah satu kafe dengan tujuan untuk mempertimbangkan proposal bahwa kita harus memulai Asosiasi Atletik, keinginan berolahraga sangat dirasakan oleh sebagian besar dari kita, yang terutama terlibat. dalam usaha dagang. Setelah kesepakatan berbicara dan konsumsi bir kecil terbatas, Club de Football de Sevilla dibentuk dan pejabat terpilih. Diputuskan kami harus memainkan aturan Asosiasi, aturannya adalah setengah Spanyol dan setengah Inggris.

See also  Sejarah Kompetisi Pertama Sebelum Terbentuk Liga Spanyol

Presiden pertama klub Sevilla adalah orang Skotlandia Mr. Edward Farquharson Johnston  yang merupakan wakil pemerintah Inggris di Seville dan pemilik bersama perusahaan MacAndrews & Co, pemilik kapal dengan jalur komersial antara Spanyol dan Inggris, salah satunya adalah pengangkutan Sevilla. Hugh Maccoll, pemuda Skotlandia lainnya, seorang insinyur kelautan yang pada waktu itu pindah ke Seville untuk bekerja sebagai manajer teknis pengecoran Portilla White, adalah kapten pertama mereka. Salah satu mitra Maccolls di pengecoran Portilla White di Seville. Isaias White junior adalah sekretaris pertama klub Sevilla. Isaias White adalah putra seorang pengusaha Inggris yang mendirikan perusahaan tersebut di atas, salah satu pengecoran besar di Spanyol pada akhir abad ke-19. Untuk merayakan berdirinya klub, Isaias White mengirim surat kepada Recreativo de Huelva, untuk mengundang mereka memainkan pertandingan sepak bola di Seville. Surat itu diterbitkan oleh surat kabar Spanyol La Provincia. Recreativo de Huelva menerima undangan tersebut dan pertandingan berlangsung pada tanggal 8 Maret 1890, dengan demikian pertandingan resmi pertama yang pernah dimainkan di Spanyol. Sevilla memenangkan pertandingan bersejarah itu. Isaias White tinggal di Calle Bailen 41 di Seville, rumah itu dijadikan rumah pertama Sevilla FC.

Pada tahun 1907, Sevilla Balompie didirikan, diikuti oleh klub Betis Football. Pada tahun 1909, Recreativo de Sevilla dan Espanol de Sevilla. Semakin banyak klub terbentuk seiring berjalannya waktu dan pertandingan yang lebih kompetitif diselenggarakan di antara tim, meskipun Sevilla FC adalah klub tertua di kota, Sevilla memaksakan performanya diatas klub lain pada periode awal ini.

See also  Sejarah La Liga Yang Menjadikannya Sebagai Liga Tersengit

Pada tahun 1912, Copa de Sevilla pertama kali dimainkan dan dimenangkan oleh Sevilla FC. Pada tahun 1915 sampai 1932, Copa Andalucia diselenggarakan oleh Federacion Sur dan kejuaraan ini termasuk klub yang terdiri dari Sevilla FC, Real Betis Balompie, Recreativo de Huelva, Espanol de Cadiz, partisipasi sporadis dari Nacional de Sevilla dan Cordoba. Performa Sevilla begitu nyata sehingga dari 19 Kejuaraan Andalusia yang dimainkan, 16 di antaranya dimenangkan oleh tim, dengan tiga sisanya masing-masing dimenangkan oleh Espanol de Cadiz, Recreativo de Huelva dan Real Betis Balompie. Pada tahun 1918, Sevilla  berpartisipasi dalam Copa de Espaa untuk pertama kalinya dan menjadi tim Andalusia pertama yang mencapai babak final kompetisi tersebut. Pada tahun 1928, ketika Kejuaraan Liga Nasional diselenggarakan, Sevilla tidak menjadi bagian dari divisi pertama karena kekalahan mereka dari Racing de Santander dalam pertandingan eliminasi yang dibuat untuk menentukan mana dari kedua tim tersebut. akan bersaing di liga yang baru dibentuk.

See also  Sejarah Barcelona

Pada akhir tahun 1933 sampai 1934, Sevilla dipromosikan ke Divisi Pertama Campeonato Nacional. Pada tahun 1935, mereka dipromosikan sebagai Campeon de Copa atau Juara Piala, untuk pertama kalinya dengan mengalahkan Sabadell, diulang pada tahun 1939 melawan Racing de Ferrol dan di ulangi lagi pada tahun 1948 melawan Celta de Vigo. Sevilla berpartisipasi dalam dua final lainnya, tetapi mengakui kekalahan dari Athletic Bilbao pada tahun 1955 dan Real Madrid pada tahun 1962. Sevilla tetap berada di Divisi Pertama dari tahun 1933 sampai 1934 hingga pada tahun 1967 ketika Sevilla terdegradasi ke Divisi Kedua, tingkat dari mana mereka tidak pernah terdegradasi lebih jauh.

Pada tahun 1945 sampai 1946 adalah salah satu yang sangat penting dalam sejarah Sevilla, karena menandai yang pertama, dan sampai saat ini, saat tim menjadi juara liga. Pada empat kesempatan lain, klub dinyatakan sebagai subcampeon de Liga atau biasa disebut Liga Runner-up pada musim 1939-1940, 1942-1943, 1950-1951 dan 1956-1957. Termasuk juga musim ini, Sevilla telah berpartisipasi dalam 74 musim di Divisi Satu dan 13 musim di Divisi Dua, Sevilla tidak pernah turun di bawah Divisi Dua. Sevilla juga berpartisipasi dalam empat turnamen Eropa, Copa de Europa atau sering disebut Piala Pemenang Liga Eropa pada tahun 1957-1958.