Valencia Club de Futbol biasa disebut sebagai Valencia CF atau hanya Valencia, adalah klub sepak bola profesional Spanyol di Valencia. Mereka bermain di La Liga. Valencia telah memenangkan enam gelar La Liga, delapan gelar Copa del Rey, satu Supercopa de Espaa dan satu Copa Eva Duarte. Di kompetisi Eropa, Valencia telah memenangkan dua Piala Inter-Cities Fairs, satu Piala UEFA, satu Piala Winners UEFA, dua Piala Super UEFA dan satu Piala Intertoto UEFA. Valencia juga telah mencapai dua final Liga Champions UEFA berturut-turut, tapi kalah dari rival La Liga Real Madrid pada tahun 2000 dan klub Jerman Bayern Munich melalui adu penalti setelah bermain imbang pada tahun 2001. Valencia juga anggota grup G-14 terkemuka Klub sepak bola Eropa dan sejak akhir telah menjadi bagian dari anggota asli Asosiasi Klub Eropa. Secara total, Valencia telah mencapai tujuh final utama Eropa, memenangkan empat di antaranya. Valencia didirikan pada tahun 1919 dan telah memainkan pertandingan kandang mereka di Mestalla berkapasitas 55.000 tempat duduk sejak tahun 1923. Valencia akan pindah ke Nou Mestalla berkapasitas 75.000 tempat duduk di barat laut kota pada tahun 2013, tetapi tanggal perpindahan terakhir telah ditunda karena masalah keuangan yang sedang berlangsung.

Valencia adalah klub sepak bola yang paling didukung keempat di Spanyol, di belakang Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid. Valencia juga salah satu klub terbesar di dunia dalam hal jumlah asosiasi atau pendukung yang membayar terdaftar, dengan lebih dari 50.000 pemegang tiket musiman dan 20.000+ pemegang tiket musiman lainnya dalam daftar tunggu, yang dapat ditampung di 75.000 baru. Selama bertahun-tahun, Valencia telah mencapai reputasi global untuk akademi muda mereka yang produktif, atau Academia. Produk akademi Valencia termasuk talenta kelas dunia seperti Raul Albiol, Andrss Palop, Miguel ngel Angulo, Javier Farinos, David Albelda, Gaizka Mendieta dan David Silva. Bintang permainan saat ini yang telah lulus dalam beberapa tahun terakhir termasuk Isco, Jordi Alba, Juan Bernat, Jose Gay, Carlos Soler, Ferran Torres dan Paco Alcacer.

Valencia didirikan pada 5 Maret 1919 dan secara resmi disetujui pada 18 Maret 1919, dengan Octavio Augusto Milego Diaz sebagai presiden pertamanya, kebetulan pemilihan presiden diputuskan dengan lemparan koin. Valencia memainkan pertandingan kompetitif pertama jauh dari rumah pada 21 Mei 1919 melawan Valencia Gimnastico, dan kalah dalam pertandingan. Valencia pindah ke stadion Mestalla pada tahun 1923, setelah memainkan pertandingan kandangnya di lapangan Algiros sejak 7 Desember 1919. Pertandingan pertama di Mestalla mempertemukan Valencia sebagai tim tuan rumah melawan Castellon Castalia dan berakhir imbang. Dalam pertandingan lain sehari setelahnya, Valencia menang melawan oposisi yang sama. Valencia memenangkan Kejuaraan Regional pada tahun 1923, dan memenuhi syarat untuk bermain di kompetisi piala Copa del Rey untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

See also  Sejarah Barcelona

Perang Saudara Spanyol menghentikan kemajuan tim Valencia hingga tahun 1941, ketika memenangkan Copa del Rey, mengalahkan RCD Espanyol di final. Pada musim 1941 sampai 1942, Valencia memenangkan gelar juara La Liga Spanyol pertamanya, meskipun memenangkan Copa del Rey lebih terkenal daripada kejuaraan pada waktu itu. Valencia mempertahankan konsistensinya untuk merebut gelar La Liga lagi di musim 1943 sampai 1944, dan pada musim 1946 sampai 1947. Pada tahun 1950, Valencia gagal meniru kesuksesan tahun 1940, meskipun tumbuh sebagai klub. Reputasi Mestalla menghasilkan peningkatan kapasitas penonton menjadi 45.000, sementara Valencia memiliki sejumlah bintang Spanyol dan bintang asing. Pemain seperti pemain internasional Spanyol Antonio Puchades dan penyerang Belanda Faas Wilkes menghiasi lapangan di Mestalla.

See also  Sejarah Sevilla FC

Pada musim 1952 sampai 1953, Valencia selesai sebagai runner-up di La Liga, dan di musim berikutnya, Valencia memenangkan Copa del Rey, kemudian dikenal sebagai Copa del Generalisimo. Saat mengelola bentuk liga yang acuh tak acuh di awal tahun 1960, Valencia ini meraih kesuksesan Eropa pertamanya dalam bentuk Piala Pameran Antar Kota atau disebeut Piala UEFA. Pada musim 1961 sampai 1962, Valencia mengalahkan FC Barcelona dan perempat final. Di perempat final Piala Inter-Cities Fairs Cup musim 1962 sampai 1963  Valencia melawan klub Kroasia Dinamo Zagreb, yang juga dimenangkan oleh Valencia. Hingga akhirnya Valencia di final Inter-Cities Fairs Cup pada musim 1963 sampai 1964, tetapi dikalahkan oleh Real Zaragoza dari Spanyol.

Mantan pemenang penghargaan Pemain Terbaik Eropa dua kali Alfredo Di Stefano dipekerjakan sebagai pelatih pada tahun 1970, dan segera menginspirasi Valencia untuk kejuaraan La Liga keempat mereka dan yang pertama sejak tahun 1947. Ini memastikan Valencia kualifikasi pertama untuk Piala Eropa yang bergengsi, diperebutkan oleh berbagai juara domestik Eropa. Valencia mencapai putaran ketiga kompetisi tahun 1971 sampai 1972 sebelum kalah di kedua leg dari juara Hungaria jpesti Dozsa. Pada tahun 1972 Valencia juga menjadi runner up baik di La Liga dan piala domestik, kalah dari Real Madrid dan Atletico Madrid. Pemain paling terkenal di era 1970 termasuk gelandang Austria Kurt Jara, penyerang Johnny Rep dari Belanda dan penyerang Argentina Mario Kempes, yang menjadi pencetak gol terbanyak La Liga selama dua musim berturut-turut pada tahun 1976 sampai 1977 dan 1977 sampai 1978. Valencia akan memenangkan Copa del Rey lagi di musim 1978 sampai 1979, dan juga merebut Piala Winners Eropa musim berikutnya, setelah mengalahkan klub Inggris Arsenal di final, dengan Mario Kempes mempelopori kesuksesan Valencia di Eropa.

See also  Sejarah Kompetisi Pertama Sebelum Terbentuk Liga Spanyol

Selama musim 2012 sampai 2013, Ernesto Valverde diumumkan sebagai manajer baru tetapi setelah gagal lolos ke Liga Champions, Ernesto Valverde mengundurkan diri dan digantikan oleh Miroslav ukic. Pada 5 Juli 2013, Amadeo Salvo diangkat sebagai presiden baru klub. Hampir sebulan setelah Amadeo Salvo diangkat sebagai presiden, pada 1 Agustus 2013, Valencia menjual striker bintang Roberto Soldado ke klub Inggris Tottenham Hotspur dengan biaya yang dilaporkan sebesar €30 juta. Miroslav ukic dipecat enam bulan memasuki musim 2013 sampai 2014 setelah hanya 6 kemenangan dalam 16 pertandingan pertamanya, awal terburuk Valencia dalam 15 tahun. Miroslav ukic digantikan oleh Juan Antonio Pizzi pada 26 Desember 2013. Di bawah Juan Antonio Pizzi, Valencia mencapai semi-final Liga Eropa UEFA, di mana mereka kalah dari pemenang akhirnya Sevilla pada gol tandang dan selesai 8 di La Liga meskipun awal bencana untuk musim.