Pecinta bola bukan hanya harus mengetahui bagaimana para pemain professional itu berpindah tim. Tetapi juga harus tau bagaimana mekanisme  dari perpindahan pemain itu sendiri. Dalam setiap klub bola dunia hampir secara sistem, perekrutannya sama. Begitu pun pada klub spanyol. Sistem transfer di liga spanyol sendiri sebenarnya hampir sama dengan klub-klub yang lain.

Selama ini para pencinta bola hanya tahu saat pemain kesukaannya sudah berpindah ke tim yang lain. Padahal dibalik perpindahan tersebut banyak sekali hal yang terjadi. Contohnya saja, ketika Eden Hazard didatangkan ke Chelsea dari klub Real Madrid, banyak sekali tahapan-tahapan yang dilakukan direktur Real Madrid agar klubnya bisa ikut dalam La Liga.

Semua itu tidaklah berjalan sedemikian mudah, banyak tahap dan juga proses panjang disertai syarat untuk menyeleksi pemain yang bisa ditransfer. Hal ini menjadi fokus perhatian kepada tim yang akan mentransfer dan juga tim yang akan menerima transfer pemain. Mengingat bukan pembiayaan yang sedikit jika ingin melakukan transfer pemain atau melego pemain terbaik.

Istilah Transfer Dalam Sepakbola

Bagi pecinta bola di seluruh penjuru dunia pasti tidak lagi asing dengan istilah transfer pemain. Transfer pemain ini kerap kali dilakukan oleh tim-tim professional baik itu mentransfer pemain dalam timnya maupun merekrut pemain dari tim yang lain. Jadi, transfer pemain merupakan suatu istilah dalam sepakbola, dimana suatu tim bola merekrut atau menjual pemainnya ke klub yang lain.

Transfer pemain dalam dunia sepakbola sendiri mulai dilakukan sekitar 1 abad silam. Dimana pada saat itu federasi sepakbola Inggris membuka dan menetapkan pendaftaran untuk klub. Dimana sebelumnya pemain bebas untuk membela klub masing-masing. Proses transfer pemain ini banyak sekali yang melatarbelakangi, salah satunya karena faktor sejarah dan keluarga.

See also  Pembukaan Resmi Liga Spanyol atau La Liga

Mekanisme Perekrutan Atau Transfer Pemain

Perpindahan pemain dari satu tim ke tim yang lain tidaklah semudah yang terlihat, ada banyak proses panjang yang dilakukan oleh pihak terkait seperti dalam Liga Spanyol untuk bisa merekrut atau mentransfer pemainnya, nah bagaimana mekanisme dan sistem transfer di Liga Spanyol dan? Berikut ulasannya :

Proses Digitalisasi

Proses yang utama dan paling penting adalah digitalisasi. Spanyol pada awal-awal musim panas tahun 2016 silam telah menggunakan perangkat lunak atau software untuk mengatur mekanisme perpindahan para pemainnya. System software ini oleh klub Spanyol diberi nama La Liga Manager dan sudah berbasis digital.

Pada 2016 itu sudah ada sekitar dua ribu lebih pemain yang menggunakan La Liga Manager ini. La Liga Manager ini merupakan sebuah alat online yang sangat memudahkan proses jual-beli pemain. Biasa digunakan oleh para pejabat klub untuk melakukan transfer pemain,  tool online ini mempermudah pengunggahan dokumen lebih aman dan lengkap.

La Liga ini juga sudah banyak memiliki fitur-fitur peraturan yang ada di FIFA, La Liga, dan UEFA yang peraturannya haruslah dipatuhi. Peraturan ini berlaku untuk seluruh transaksi transfer. Baik  dengan status bebas transfer maupun pemain dengan biaya klausul  pembelian ditebus ataupun dibayarkan sepenuhnya.

Pengecekan Dari Pihak La Liga

Proses yang kedua yang akan dilakukan setelah digitalisasi selesai dan semua administrasi dan data seperti biaya transfer, ketentuan kontrak, semua pajak yang wajib dibayar, dan rincian dari agen. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah pengecekan dari pihak La Liga. Sistem transfer di Liga Spanyol yang sudah berbasis digital ini semakin mempermudah proses jual-beli pemain.

Pengecekan ini dilakukan ketika tim sebelumnya, sebut saja Real Madrid telah menyelesaikan proses administrasi dari pemainnya, maka pihak La Liga akan membuka aplikasi La Liga Manager. Pengecekan seluruh dokumen oleh pihak La Liga adalah untuk memastikan kembali dokumen yang masuk telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

See also  La Liga: Barca Memecat Koeman

Pihak La Liga juga akan mempelajari semua transfer pemain yang masuk sesuai dengan ketentuan atau regulasi “kontrol ekonomi” sepak bola Spanyol. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa klub-klub bersedia mengikuti anggaran yang telah disetujui setiap musimnya. Setelah memastikan semua dokumen sudah sesuai dengan ketentuan, pemain akan melakukan debutnya dan mendapatkan jersey dari pihak Spanyol.

Membayar Kompensasi

Regulasi FIFA telah menetapkan bahwa klub bola dapat membeli pemain asing setiap dua periode tahunan, dimana regulasi ini disebut dengan jendela transfer. Adapun pembayaran kompensasi yang harus dilakukan oleh pihak klub baru ke klub pemain yang lama dilakukan sebanyak dua kali setahun dalam periode di mana pemain itu bernaung.

Bukan hanya pembayaran kompensasi saja, para pemain juga akan membahas kontrak tentang detail gaji, bonus-bonus seperti bonus loyalitas dan kontrak yang akan ditransfer oleh pihak klub. Pembicaraan ini dihadiri oleh para agen dari pemain dan juga pengacara masing-masing, pengacara disini penting, agar semua kontrak bisa sah di mata hukum.

Sejumlah uang yang akan ditransferkan  kepada pemain atas kontrak dan loyalitasnya juga akan diberikan kepada agen. Adapun data menyebutkan perpindahan Neymar ke FC Barcelona mendapatkan uang senilai 222 juta euro. Untuk pembagian pembayarannya, sekitar 38 juta euro diberikan kepada SPG atas fasilitas perpindahannya.

Daftar Transfer Liga Spanyol

Dibawah ini daftar lengkap  klub besar La Liga yang keluar dan masuk pada bursa transfer Januari kemarin, berikut urutannya :

  • Atletco Madrid. Pemain yang masuk adalah Alvaro Morata dari tim Chelsea, pinjaman Nehuen Perez dari Argentinos (kembali dari pinjaman), ada Andre Moreira dari Aston Villa ( kembali dari pinjaman). Adapun pemain keluar yakni Jonny Castro ke Wolves, Andre Moreira ke Feirense.
  • Barcelona. Adapun pemain yang masuk yaitu Jaison Murillo dari Valencia, Carles Alena dari Barcelona B, Emerson dari Atletco Mineiro. Sementara untuk pemain yang keluar adalah Munir El Haddadi dari Sevilla dan Emerson dari dari Real betis.
  • Real Madrid. pemain yang masuk pada tim ini yaitu Brahim Diaz dari Manchester United dan Luca Zidane dari Real Madrid Castilla. Sedangkan untuk pemain yang keluar adalah Kiko Casilla dari Leeds United.
  • Valencia. Adapun daftar pemain yang masuk ke Valencia adalah Lee Kang in dari Valencia B, Ruben Sobrino dari Alaves, Aderllan Santos dari Victoria (kembali dari pinjaman). Adapun pemain yang keluar adalah Fransisco Moyano dari tim Cordoba (pinjaman), Jeison Murillo dari Barcelona (pinjaman), Alex Blanco dari Valencia B.
See also  Sejarah Sepak Bola Di Spanyol

Dari daftar diatas  5 klub raksasa di Spanyol, FC Barcelona menjadi klub yang banyak sekali kedatangan pemain-pemain baru seperti Jeisson Murillo, Kevin Prince Boateng, Jean Clair Todibo dan juga Emerson. Sementara itu Atletico Madrid berhasil menggaet penyerang paling andalan dari klub Chelsea yaitu Alvaro Morata dengan waktu peminjaman 2019/2020 akhir mendatang.

Real Madrid sendiri lebih memilih tampil pede dengan tetap mempertahankan timnya, pada musim ini, Real Madrid hanya mendatangkan Brahim Diaz dari Mancheaster City, dan juga menggaet dari tim Castilla yaitu Luca Zidane.

Itulah tadi ulasan tentang La Liga Spanyol dan, sistem transfer di liga Spanyol dan daftar 5 klub besar pemain dalam bursa transfer. Jadi, bagaimana para pecinta bola? Apakah pemain bola yang pembaca andalkan masuk ke dalam tim yang diharapkan?